menstruasi



Menstruasi adalah perdarahan periodik pada uterus yang dimulai sekitar 14 hari setelah ovulasi (Bobak, 2004)
Menstruasi adalah perdarahan vagina secara berkala akibat terlepasnya lapisan endometrium uterus. Fungsi menstruasi normal merupakan hasil interaksi antara hipotalamus, hipofisis, dan ovarium dengan perubahan-perubahan terkait pada jaringan sasaran pada saluran reproduksi normal, ovarium memainkan peranan penting dalam proses ini, karena tampaknya bertanggung jawab dalam pengaturan perubahan-perubahan siklik maupun lama siklus menstruasi (Greenspan, 1998).
Siklus Menstruasi
1) Gambaran klinis menstruasi
Sebagian besar wanita pertengahan usia reproduktif, perdarahan menstruasi terjadi setiap 25-35 hari dengan median panjang siklus adalah 28 hari. Wanita dengan siklus ovulatorik, selang waktu antara awal menstruasi hingga ovulasi – fase folikular – bervariasi lamanya. Siklus yang diamati terjadi pada wanita yang mengalami ovulasi. Selang waktu antara awal perdarahan menstruasi – fase luteal – relatif konstan dengan rata-rata 14 ± 2 hari pada kebanyakan wanita (Grenspan, 1998).
Lama keluarnya darah menstruasi juga bervariasi; pada umumnya lamanya 4 sampai 6 hari, tetapi antara 2 sampai 8 hari masih dapat dianggap normal. Pengeluaran darah menstruasi terdiri dari fragmen-fragmen kelupasan endrometrium yang bercampur dengan darah yang banyaknya tidak tentu. Biasanya darahnya cair, tetapi apabila kecepatan aliran darahnya terlalu besar, bekuan dengan berbagai ukuran sangat mungkin ditemukan. Ketidakbekuan darah menstruasi yang biasa ini disebabkan oleh suatu sistem fibrinolitik lokal yang aktif di dalam endometrium.
Rata-rata banyaknya darah yang hilang pada wanita normal selama satu periode menstruasi telah ditentukan oleh beberapa kelompok peneliti, yaitu 25-60 ml. Konsentrasi Hb normal 14 gr per dl dan kandungan besi Hb 3,4 mg per g, volume darah ini mengandung 12-29 mg besi dan menggambarkan kehilangan darah yang sama dengan 0,4 sampai 1,0 mg besi untuk setiap hari siklus tersebut atau 150 sampai 400 mg per tahun (Cunningham, 1995).
2) Aspek hormonal selama siklus menstruasi
Mamalia, khususnya manusia, siklus reproduksinya melibatkan berbagai organ, yaitu uterus, ovarium, vagina, dan mammae yang berlangsung dalam waktu tertentu atau adanya sinkronisasi, maka hal ini dimungkinkan adanya pengaturan, koordinasi yang disebut hormon. Hormon adalah zat kimia yang dihasilkan oleh kelenjar endokrin, yang langsung dialirkan dalam peredaran darah dan mempengaruhi organ tertentu yang disebut organ target. Hormon-hormon yang berhubungan dengan siklus menstruasi ialah ;
a) Hormon-hormon yang dihasilkan gonadotropin hipofisis :
o Luteinizing Hormon (LH)
o Folikel Stimulating Hormon (FSH)
o Prolaktin Releasing Hormon (PRH)
b) Steroid ovarium
Ovarium menghasilkan progestrin, androgen, dan estrogen. Banyak dari steroid yang dihasilkan ini juga disekresi oleh kelenjar adrenal atau dapat dibentuk di jaringan perifer melalui pengubahan prekursor-prekursor steroid lain; konsekuensinya, kadar plasma dari hormon-hormon ini tidak dapat langsung mencerminkan aktivitas steroidogenik dari ovarium.
3) Fase-fase dalam siklus menstruasi
Setiap satu siklus menstruasi terdapat 4 fase perubahan yang terjadi dalam uterus. Fase-fase ini merupakan hasil kerjasama yang sangat terkoordinasi antara hipofisis anterior, ovarium, dan uterus. Fase-fase tersebut adalah :
a) Fase menstruasi atau deskuamasi
Fase ini, endometrium terlepas dari dinding uterus dengan disertai pendarahan dan lapisan yang masih utuh hanya stratum basale. Fase ini berlangsung selama 3-4 hari.
b) Fase pasca menstruasi atau fase regenerasi
Fase ini, terjadi penyembuhan luka akibat lepasnya endometrium. Kondisi ini mulai sejak fase menstruasi terjadi dan berlangsung selama ± 4 hari.
c) Fase intermenstum atau fase proliferasi
Setelah luka sembuh, akan terjadi penebalan pada endometrium ± 3,5 mm. Fase ini berlangsung dari hari ke-5 sampai hari ke-14 dari siklus menstruasi.
Fase proliferasi dibagi menjadi 3 tahap, yaitu :
o Fase proliferasi dini, terjadi pada hari ke-4 sampai hari ke-7. Fase ini dapat dikenali dari epitel permukaan yang tipis dan adanya regenerasi epitel.
o Fase proliferasi madya, terjadi pada hari ke-8 sampai hari ke-10. Fase ini merupakan bentuk transisi dan dapat dikenali dari epitel permukaan yang berbentuk torak yang tinggi.
o Fase proliferasi akhir, berlangsung antara hari ke-11 sampai hari ke-14. Fase ini dapat dikenali dari permukaan yang tidak rata dan dijumpai banyaknya mitosis.
d) Fase pramenstruasi atau fase sekresi
Fase ini berlangsung dari hari ke-14 sampai ke-28. Fase ini endometrium kira-kira tetap tebalnya, tetapi bentuk kelenjar berubah menjadi panjang berkelok-kelok dan mengeluarkan getah yang makin lama makin nyata. Bagian dalam sel endometrium terdapat glikogen dan kapur yang diperlukan sebagai bahan makanan untuk telur yang dibuahi.
Fase sekresi dibagi dalam 2 tahap, yaitu :
o Fase sekresi dini, pada fase ini endometrium lebih tipis dari fase sebelumnya karena kehilangan cairan.
o Fase sekresi lanjut, pada fase ini kelenjar dalam endometrium berkembang dan menjadi lebih berkelok-kelok dan sekresi mulai mengeluarkan getah yang mengandung glikogen dan lemak. Akhir masa ini, stroma endometrium berubah kearah sel-sel; desidua, terutama yang ada di seputar pembuluh-pembuluh arterial. Keadaan ini memudahkan terjadinya nidasi (Hanafiah, 1997).
4) Mekanisme siklus menstruasi
Selama haid, pada hari bermulanya diambil sebagai hari pertama dari siklus yang baru. Akan terjadi lagi peningkatan dari FSH sampai mencapai kadar 5 ng/ml (atau setara dengan 10 mUI/ml), dibawah pengaruh sinergis kedua gonadotropin, folikel yang berkembang ini menghasilkan estradiol dalam jumlah yang banyak. Peningkatan serum yang terus-menerus pada akhir fase folikuler akan menekan FSH dari hipofisis. Dua hari sebelum ovulasi, kadar estradiol mencapai 150-400 pg/ml. Kadar tersebut melebihi nilai ambang rangsang untuk pengeluaran gonadotropin pra-ovulasi. Akibatnya FSH dan LH dalam serum akan meningkat dan mencapai puncaknya satu hari sebelum ovulasi. Saat yang sama pula, kadar estradiol akan kembali menurun. Kadar maksimal LH berkisar antara 8 dan 35 ng/ml atau setara dengan 30-40 mUI/ml, dan FSH antara 4-10 ng/ ml atau setara dengan 15-45 mUI/ml.
Terjadinya puncak LH dan FSH pada hari ke-14, maka pada saat ini folikel akan mulai pecah dan satu hari kemudian akan timbul ovulasi. Bersamaan dengan ini dimulailah pembentukan dan pematangan korpus luteum yang disertai dengan meningkatnya kadar progesteron, sedangkan gonadotropin mulai turun kembali. Peningkatan progesteron tersebut tidak selalu memberi arti, bahwa ovulasi telah terjadi dengan baik, karena pada beberapa wanita yang tidak terjadi ovulasi tetap dijumpai suhu basal badan dan endometrium sesuai dengan fase luteal.
Awal fase luteal, seiring dengan pematangan korpus luteum. Sekresi progesteron terus menerus meningkat dan mencapai kadar antara 6 dan 20 ng/ml. Estradiol yang dikeluarkan terutama dari folikel yang besar yang tidak mengalami atresia, juga tampak pada fase luteal dengan konsentrasi yang lebih tinggi daripada selama permulaan atau pertengahan fase folikuler. Produksi estradiol dan progesteron maksimal dijumpai antara hari ke-20 dan 23.

tidur yang berkualitas


tidur adalah waktu dimana bagian dari badan dan kulit kita bekerja untuk memperbaiki luka yang terjadi ketika kita beraktifitas pada hari itu.

ketika anda tidak sadar dan sedang menikmati istirahat di tempat tidur anda, badan anda sedang bekerja keras membangun kembali, melengkapi dan meremajakan kulit dan rambut anda.

rata-rata setiap orang membutuhkan waktu delapan jam untuk tidur.

Sangat penting bagi kita untuk mengusahakan tidur yang lelap karena ketika kita tertidur lelap, tubuh kita dapan mengisi tenaga dengan sangat baik.

jika anda mengalami kesulitan untuk mendapat tidur yang berkualitas, cobalah untuk mengusahakan jam tidur yang sama atau coba cari bantuan dari para pakar.

Bagaimana penilaian kaum adam terhadap wanita dalam enam detik pertama?



Senyum

Apakah wanita ini tersenyum manis dan natural? Atau senyum masam dan palsu, atau senyum Anda lebar tapi ada sisa makanan menyelip di gigi.

Senyum Anda menjadi poin pertama untuk penilaian.

Rambut

Pria tidak perlu rambut bak model shampoo. Mereka hanya butuh rambut Anda terkesan lembut dan harum. Karena itu pastikan mencuci rambut sesering mungkin, dan menggunakan conditioner.


Riasan

Jika dandanan menor, dengan cepat pria menduga Anda berusaha menutupi wajah asli. Selain itu ada rasa risih dengan warna-warna yang terlalu mencolok.

Kulit

Pria tidak peduli dengan satu dua jerawat mungil di wajah. Tapi ya, mereka peduli dengan kulit anda yang kusam dan tidak terawat. Jadi tidak perlu risau dengan satu jerawat, khawatir jika kulit Anda tidak terjaga kesehatannya.

Tas

Apa tas yang Anda bawa? Semakin besar tas yang dipakai, semakin pria berpikir Anda tipe wanita dengan perawatan yang rumit.

RAHASIA CANTIK MENURUT AJARAN ISLAM



Dalam islam kita di wajibkan selalu membiasakan hidup bersih. Terutama sebagai perempuan kita selalu ingin tampil bersih, cantik, dan rapi.. seperti sabda rasullulloh saw. Anna dhofattu minnal iman.Kebersihan adalah bagian dari iman. Untuk itu Sebagai wanita, tampil cantik tidak perlu harus mengeluarkan biaya hingga ratusan ribu untuk beli kosmetik bahkan pergi ke salon hanya untuk mempercantik diri. Disini oliep akan memberikan tips tampil cantik secara alami dan natural.
1. Agar wajah selalu segar, beseri-seri dan cantik,cucilah minimal n5 kali sehari dengan air wudhu, biarkan menetes dan mengering sendiri, ambillah sajadah,shalat, berdzikir dan berdoa...
2. Untuk menghilangkan stress atau kerutan di wajah, perbanyaklah olah raga. Tetapi jika tidak sempat untuk pergi ke tempat fitness, cukup dengan memperbanyak shalat. Dengan sholat berarti kita menggerakan seluruh bagian tubuh. Agar hati bisa lebih tenang, curhatlah kepada allah, dan keluarkan keluh kesah yang selama ini kita rasakan. Melalui berdoa dan berdzikir...
3. Supaya kita awet muda, tidak perlu membeli pelembab atau me_up, tetapi kita selalu membiasakan 3S yaitu semyum, salam, dan sapa. Senyum itu tidak hanya di bibir tapi juga di hati. Katakanlah pada diri sendiri, tampil cantik tidak harus operasi plastik. Tidak lupa pula membisikan pada diri sendiri sebelum kita berdandan(berkaca) “Allahumma khamma khasannta kholqi Fahassin qalqi” ya allah sebagaimana engkau telah memperindah kejadianku, maka perindah pula akhlakqu. (hr. Ahmad)
4. Untuk mendapatkan bibir yang cantik, bissikkan kalimat-kalimat Allah, tidak berbohong,memfitnah, atau menyakiti orng lain, tidak di pakai untuk menyombongkan diri atau takabur. Sering-seringlah bibir kita di pakai untuk berdzikir dan berdo’a.
5. Agar kita mendapatkan tubuh yang langsing, singset, dan mulus, lakukan diet yang teratur yaitu dengan puasa dua kali (senin-kamis). Jika anda kuat lebih bagus lagi melakukan berpuasa seperti Nabi Daud AS yaitu sehari berpuasa, sehari tidak berpuasa. Dan makanlah makanan yang halal, perbanyak sayuran,buah-buahan dan air putih
6. Agar kita dapat di pandang lebih anggun, makalah memakailah jilbab dan bepakaian muslim.
7. Untuk mengembangkan diri, senyum, salam, dan sapa. Dengan demikian kita akan banyak di kenal dan di sayangi oleh semua orang.


Selamat mencoba.......

ingin kulit putih?


Bicara impian punya kulit putih tak ada habisnya. Khususnya kaum hawa pasti takkan bosan mencari cara terbaik dan terefektif mewujudkan kulit idaman secerah, sehalus, dan seputih para selebriti yang tiap hari wara-wiri di layar kaca.


Akan lain hasilnya kalau Anda mencari rangkaian perawatan dalam satu produk yang sama. Jika dipakai secara rutin, bahan-bahan yang terkandung bisa bekerja sama jauh lebih efektif dan efisien.

Masalahnya sekarang, produk seperti apa dan jenis perawatan apa saja yang bisa membantu Anda mencapai impian kulit putih itu? Enggak usah muluk-muluk. Body scrub, body butter, dan sabun muka cukup, kok.

Body Scrub

Body scrub jadi pilihan para wanita yang ingin memiliki kulit sehat dan segar karena butiran kasarnya dipercaya ampuh mengangkat sel kulit mati dan kotoran pada pori-pori kulit, sehingga kulit lebih halus mulus dan tidak kusam. Scrub juga mampu meningkatkan sirkulasi darah sampai ke permukaan kulit sehingga membantu mengatasi selulit dan secara tidak langsung berefek mencerahkan alias memutihkan kulit.

Body Butter

Kalau body scrub juaranya mengangkat sel kulit mati, body butter ahli membikin kulit terus terjaga kelembapannya. Apa sih yang bikin body butter beda dengan losion yang selama ini jadi alternatif utama orang mencegah kulit kering? Dari segi tekstur, body butter lebih kental ketimbang losion. Dan yang terpenting, banyak yang bilang manfaatnya sebagai penjaga kelembapan kulit jauh lebih efektif dibanding losion.

Sabun Muka

Dibanding dua rangkaian perawatan sebelumnya, sabun muka mungkin yang paling familier buat masyarakat Indonesia. Bahkan sering kali para wanita membawanya ke mana pun mereka pergi. Maklum, sinar matahari terik dan debu yang hobi bertebaran di jalan bikin wajah wanita Indonesia bisa kering, kusam, dan lengket dalam sekejap. Dengan sentuhan sabun muka dengan bilasan air dingin, masalah itu bisa diatasi dalam waktu singkat.
Selain itu bagian terpenting dari semuanya adalah menentukan kandungan apa saja yang harus ada di dalamnya. Berikut kami berikan beberapa jagoannya:

Ekstrak pepaya

Berasal dari getah dan biji pepaya, sangat ampuh membikin kulit tampak lebih cerah.

Ekstrak bengkuang

Sama seperti ekstrak pepaya, umbi penyejuk yang satu ini juga sudah sejak dulu jadi andalan mereka yang ingin berkulit putih. Selain itu, bengkuang yang kaya vitamin B1 juga ampuh mengencangkan kulit, lho!

Arbutin

Namanya mungkin terdengar asing, tapi ekstrak buah mulberi termasuk bahan pencerah kulit favorit wanita Asia. Dahsyat pula mengusir flek hitam dan jerawat.

Madu

Rahasia kecantikan Cleopatra ini terbukti secara klinis berkhasiat memberi nutrisi dan melembapkan kulit.

Shea Butter

Sejenis tumbuhan dari Afrika ini efektif memperbaiki terkstur kulit, melembapkan, dan menjaga elastisitas kulit.

Vitamin A, C, dan E

Berfungsi sebagai antioksidan untuk melindungi kulit dari pengaruh radikal bebas yang bisa merusak kulit seperti kulit kering, noda hitam, kusam, dan keriput.
Tidak percaya? Silakan buktikan!

kasongan


Jogja amat terkenal dengan hasil kerajinan juga cenderamata khasnya. Berbagai barang kerajinan yang bernilai seni juga ekonomi dapat ditemukan di kota yang seringkali mendapat sebutan kota budaya itu. Salah satu pusat kerajinan di kota Jogja yang khusus mengelola keramik ada di pedukuhan Kajen, desa Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan, Bantul atau terkenal dengan sebutan Desa Wisata Kasongan.
Pada mulanya, Kasongan bukan sebuah desa yang berisi para pengrajin keramik. Konon, Kasongan berbentuk area persawahan milik para penduduk di desa yang berada di Selatan Yogyakarta. Pada masa penjajahan Belanda, di area persawahan itu ditemukan seekor kuda mati yang diperkirakan milik seorang Reserse Belanda. Karena ketakukan, seorang warga yang memiliki salah satu area persawahan itu melepaskan hak milik atas tanahnya. Ketakutan itu juga menimpa warga lain, sehingga sejumlah warga turut melepaskan hak atas tanah persawahan mereka.

Akhirnya secara tidak sengaja, para penduduk yang tidak memiliki area persawahan lagi beralih profesi menjadi seorang pengrajin keramik. Awalnya mereka hanya mengempal-ngempalkan tanah yang tidak pecah bila disatukan dan menjadikannya sebagai mainan anak-anak ataupun perabot dapur saja. Namun karena kegiatan itu dianggap dapat menghasilkan sebuah karya seni juga nilai jual yang cukup tinggi, maka akhirnya para penduduk di Kasongan mulai mengembangkan keahlian itu dan menjadikan desa mereka sebagai salah satu desa wisata yang cukup terkenal. Mulai tahun 1971 hingga 1972 desa wisata itu mulai mengalami kemajuan yang cukup pesat. Kemudian pada tahun 1980-an keramik Kasongan mulai dikomersilkan dalam skala besar oleh Sahid Keramik.

Berbagai produk keramik produk Kasongan sudah tersebar sampai ke luar negeri. Kebanyakan para pengrajinnya mengekspor berbagai hasil kerajinannya ke mancanegara, selain untuk kebutuhan dalam dalam negeri. Hingga kini, setelah hampir luluh lantak akibat gempa jogja mei 2006  lalu, Desa Wisata Kasongan sudah mulai berbenah diri. Berbagai etalase yang hancur, telah ditata rapi dan diberi sentuhan artistik. Berbagai etalase itu juga telah dipenuhi hasil kerajinan keramik dengan sejumlah sentuhan modern disana-sini, walaupun di beberapa sudut masih dapat dilihat sisa-sisa akibat gempa berkekuatan 5,9 skala Richter itu.

Makam Raja-raja


Raja-raja jaman dahulu sebagian besar bersifat sentralistik, dalam segala aspek kehidupan mengacu kepada kekuasaan tunggal yaitu Sang Maharaja. Setiap Kadipaten diwajibkan memberikan upeti kepada kerajaan, jangan coba-coba menolak membayar upeti ini kalau tidak mau diserbu dan dimusnahkan. Kehidupan Sang Raja menjadi perhatian utama para kawula saat itu, hingga tempat pemakakannya pun sudah dipersiapkan jauh-jauh hari waktu sang raja masih hidup.











Kemegahan dan keangkeran tampak jadi satu ketika kita melihat makam para Raja-raja Mataram di Imogiri. Makam Imogiri dibangun pada tahun 1632 M oleh Sultan Mataram III Prabu Hanyokrokusumo yang merupakan keturunan dari Panembahan Senopati Raja Mataram I. Makam Imogiri terletak di sebelah selatan Jogja - kurang lebih 45 menit ke arah selatan perjalanan dengan menggunakan kendaraan sendiri, atau bisa juga ditempuh dengan minibus dari Jogja langsung sampai didepan pintu masuk makam. Makam ini terletak diatas perbukitan yang juga masih satu gugusan dengan Pegunungan Seribu. Memasuki tempat parkir untuk menuju pemakaman kita akan disambut oleh para Pemandu Wisata yang sudah siap mengantarkan  kita. Karena merasa lapar, setelah melakukan perjalanan ke berbagai tempat kami tidak langsung masuk ke lokasi pemakaman. Kami lihat ada warung di dekat pintu masuk, sejenak kemudian kami memesan pecel dan wedang jahe. Tak disangka dan tak dinyana Pecel Ibu Widayati ini rasanya lebih enak dari SGPC ( Sego Pecel / nasi pecel ) yang ada disamping Kampus Jogjakarta. Selain itu wedang jahenya dengan campuran gula jawa, daun cengkeh tampak memberikan rasa yang khas rasa Imogiri - Jogja.
Kemudian perjalanan dilanjutkan kearah makam dengan didampingi oleh salah seorang pemandu wisata yaitu Pak Slamet. Setelah pintu masuk disebelah kiri ada bangunan masjid yang cukup megah. Masjid ini biasa digunakan untuk mensholatkan jenazah para Raja sebelum dibawa keatas bukit untuk dimakamkan. Ketika melihat keatas sempat terbayang pegalnya kaki ini yang akan menaiki tangga sejumlah 454 tangga. Malahan 454 tangga ini biasa dilalui naik turun oleh para Pemandu Wisata tiap hari 3-4 kali. Ketika ditanya,"apa tidak capai Pak Slamet,"beliau menjawab,"Insya Allah tidak karena mendapat berkah dari Sang Sultan,". Perlahan-lahan namun pasti kami menaiki tangga tersebut walaupun napas sedikit ngos-ngosan. Karena tangga-tangga tersebut berukuran lebar, kurang lebih 4 meter dan dilapisi semen beton disertai tiupan angin sore yang semilir menjadi tak terasa menaiki tangga tersebut. Setelah melewati 454 tangga kemudian kita baru masuk pintu ke II, di pintu II ini ada 3 bangsal; yang pertama adalah Bangsal Sapit Urang-bangsal yang dipergunakan oleh para abdi dalem keraton Jogja; yang kedua adalah Bangsal Hamengkubuwono untuk para Bangsawan Jogja; dan yang ketiga adalah Bangsal Pakubuwono untuk para Bangsawan dari Keraton Solo. Seperti kita ketahui bahwasannya pada masa Amangkurat V ( 1677 ) Mataram mengalami perpecahan dan akhirnya dibuatlah Perjanjian Giyanti yang membelah Mataram jadi II, yaitu Kasunanan Pakubuwono ( Solo ) dan Kasunanan Hamengkubuwono ( Jogja ).










Memasuki tempat pemakaman masih dibagi lagi menjadi tiga bagian, makam utama; yaitu makam Sri Paduka Sultan Prabu Hanyokrokusumo, Amangkurat II, Amangkurat III beserta masing-masing satu permaisurinya. Sayap kiri terdiri dari; Pakubuwono I, Amangkurat Jawi dan Pakubuwono III. Sayap kanan terdiri dari: Ratu-ratu solo, pakubuwono III beserta selir dan permaisurinya. Namanya makam Raja, cerita-cerita seputar makam yang berbau mistis juga banyak kita dengar. Cerita mengenai kesaktian raja-raja jaman dahulu sampai tentang cerita kalau mengenai Ratu Laut Selatan. Ceritanya seperti ini, Syahdan waktu itu Panembahan Senopati ( pendiri Mataram ) bertapa di Laut Selatan seluruh laut selatan bergetar karena merasakan hawa sakti dari Panembahan. kemudian keluarlah Ratu Laut Selatan menemui Panembahan Senopati agar menghentikan pertapaannya. Karena itu, Sang ratu akan membantu kekuasaan Sang Panembahan di Tanah Jawa, dan permintaan Sang Ratu kalau seluruh raja-raja Mataram akan dijadikan suaminya, boleh percaya boleh tidak.
 Menarik sekali memang kalau kita menengok sejarah masa lalu, apalagi kalau yang menyangkut harta, tahta dan wanita. demikian juga makam Imogiri yang dapat memberikan gambaran kepada kita semua tentang Raja-Raja Mataram zaman dulu sampai sekarang. Salah satu rahasia umum para Raja dan Penguasa zaman dulu adalah jumlah istri dan selir yang mencapai puluhan. Namun hukum-hukum dan peraturan kerajaan yang ada sekarang tentunya sudah disesuaikan dengan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan.


Tamansari


Tamansari

Tamansari adalah taman kerajaan atau pesanggrahan Sultan Yogya dan keluarganya. Sebenarnya selain Taman Sari, Kesultanan Yogyakata memiliki beberapa pesanggrahan seperti Warungboto, Manukberi, Ambarbinangun dan Ambarukmo. Kesemuanya berfungsi sebagai tempat tetirah dan bersemadi Sultan beserta keluarga. Disamping komponen-komponen yang menunjukkan sebagai tempat peristirahatan, pesanggrahan-pesanggrahan tersebut selalu memiliki komponen pertahanan. Begitu juga hanya dengan Tamansari.
Letak Tamansari hanya sekitar 0,5 km sebelah selatan Kraton Yogyakarta. Arsitek bangunan ini adalah bangsa Portugis, sehingga selintas seolah-olah bangunan ini memiliki seni arsitektur Eropa yang sangat kuat, disamping makna-makna simbolik Jawa yang tetap dipertahankan. Namun jika kita amati, makna unsur bangunan Jawa lebih dominan di sini. Tamansari dibangun pada masa Sultan Hamengku Buwono I atau sekitar akhir abad XVII M. Tamansari bukan hanya sekedar taman kerajaan, namun bangunan ini merupakan sebuah kompleks yang terdiri dari kolam pemandian, kanal air, ruangan-ruangan khusus dan sebuah kolam yang besar (apabila kanal air terbuka).
Bagian - bagian Tamansari:
  1. Bagian Sakral
    Bagian sakral Tamansari ditunjukkan dengan sebuah bangunan yang agak menyendiri. Ruangan ini terdiri dari sebuah bangunan berfungsi sebagai tempat pertapaan Sultan dan keluarganya.
  2. Bagian Kolam Pemandian
    Bagian ini merupakan bagian yang digunakan untuk Sultan dan keluarganya bersenang-senang. Bagian ini terdiri dari dua buah kolam yang dipisahkan dengan bangunan bertingkat. Air kolam keluar dari pancuran berbentuk binatang yang khas. Bangunan kolam ini sangat unik dengan pot-pot besar didalamnya.
  3. Bagian Pulau Kenanga
    Bagian ini terdiri dari beberapa bangunan yaitu Pulau Kenanga atau Pulau Cemeti, Sumur Gemuling, dan lorong-lorong bawah tanah.

Pulau Kenanga atau Pulau Cemeti adalah sebuah bangunan tinggi yang berfungsi sebagai tempat beristirahat, sekaligus sebagai tempat pengintaian. Bangunan inilah satu-satunya yang akan kelihatan apabila kanal air terbuka dan air mengenangi kawasan Pulau Kenanga ini. Disebutkan bahwa jika dilihat dari atas, bangunan seolah-olah sebuah bunga teratai di tengah kolam sangat besar.
Sumur Gemuling adalah sebuah bangunan melingkar yang berbentuk seperti sebuah sumur didalamnya terdapat ruangan-ruangan yang konon dahulu difungsikan sebagai tempat sholat.


Sementara itu lorong-lorong yang ada di kawasan ini dahulu konon berfungsi sebagai jalan rahasia yang menghubungkan Tamansari dengan Kraton Yogyakarta. Bahkan ada legenda yang menyebutkan bahwa lorong ini tembus ke pantai selatan dan merupakan jalan bagi Sultan Yogyakarta untuk bertemu dengan Nyai Roro Kidul yang konon menjadi istri bagi raja-raja Kasultanan Yogayakarta. Bagian ini memang merupakan bagian yang berfungsi sebagai tempat pertahanan atau perlindungan bagi keluarga Sultan apabila sewaktu-waktu ada serangan dari musuh.
Tamansari adalah sebuah tempat yang cukup menarik untuk dikunjungi. Selain letaknya yang tidak terlalu jauh dari Kraton Yogyakarta yang merupakan obyek wisata utama kota ini, Tamansari memiliki beberapa keistimewaan. Keistimewaan Tamansari antara lain terletak pada bangunannya sendiri yang relatif utuh dan terawat serta lingkungannya yang sangat mendukung keberadaannya sebagai obyek wisata.
Di lingkungan Tamansari ini dapat dijumpai masjid Saka Tunggal yang memiliki satu buah tiang. Meskipun masjid ini dibangun pada abad XX, namun keunikannya tetap dapat menjadi aset dikompleks ini. Disamping itu, kawasan Tamansari dengan kampung tamam-nya ini sangat terkenal dengan kerajinan batiknya. Kita dapat berbelanja maupun melihat secara langsung pembuatan batik-batik yang berupa lukisan maupun konveksi. Kampung Tamansari ini sangat dikenal sehingga banyak mendapat kunjungan baik dari wisatawan mancanegara maupun wisata nusantara. Tidak jauh dari Tamansari, dapat dijumpai Pasar ngasem yang merupakan pasar tradisional dan pasar burung terbesar di Yogyakarta. Beberapa daya tarik pendukung inilah yang membuat Tamansari menjadi salah satu tujuan wisata Yogyakarta Kraton Yogyakarta.

Museum Perjuangan Ngoto


Makam Adisucipto pada awalnya berada di pemakaman umum Pakuncen Yogyakarta. Demikian pula ketika istrinya meninggal juga dimakamkan di tempat ini. Selanjutnya Momumen Ngoto sebagai tempat jatuhnya pesawat Dakota VT-CLA yang ditumpangi Adisucipto dan teman-temannya mengalami pemugaran dan selesai dipugar pada 29 Juli 1981. Setelah pemugaran monumen selesai dan sesudah meminta pertimbangan keluarga korban, maka pada tahun 2000, jenazah Adisucipto dan istri dipindahkan ke Monumen Ngoto. Begitu pula untuk jenazah Prof. Dr Abdulrahman Saleh dan istrinya juga ikut dipindahkan ke Monumen Ngoto. Keempat jenazah tersebut saat ini dimakamkan berdampingan dalam satu baris, tepatnya di sisi sebelah utara dari lapangan yang biasa dipakai untuk upacara, berdekatan dengan tiang bendera. Sementara makam Adisumarmo Wiryokusumo hingga saat ini berada di Taman Makam Pahlawan.
Monumen Ngoto selain terdapat makam Adisucipto dan istri serta Prof. Dr. Abdulrahman Saleh dan istri, juga dihiasi dengan relief-relief seputar peristiwa jatuhnya pesawat Dakota VT-CLA, termasuk relief kedua tokoh tersebut ditambah relief tokoh Adisumarmo Wiryokusumo. Keberadaan relief-relief ini terletak di sisi utara dan barat bagian utara. Sementara di sisi selatan, masih dalam satu kompleks lapangan upacara, terpasang beberapa koleksi foto yang juga berkaitan dengan peristiwa jatuhnya pesawat Dakota ini. Lapangan upacara Monumen Ngoto ini sering dipakai untuk upacara resmi TNI AU, seperti misalnya pada Hari Bhakti TNI AU setiap tanggal 29 Juli atau Hari TNI AU tanggal 9 April. Agak ke selatan lagi, di ujung pintu masuk kompleks Monumen Ngoto juga terpampang replika atau benda tiruan pesawat Dakota VT-CLA bagian belakang (ekor pesawat) yang masih utuh.
Replika pesawat Dakota VT-CLA tidak hanya dapat dijumpai di Monumen Ngoto tetapi juga ditemukan di Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandhala yang terletak di kompleks AURI Adisucipto. Di museum ini, replika juga berbentuk pesawat Dakota bagian belakang yang dipajang di samping koleksi-koleksi jenis pesawat lain, misalnya pesawat jenis P-51 Mustang buatan Amerika Serikat, pesawat jenis Mitsubishi A6M5 Zero Sen buatan Jepang, dan pesawat jenis Glider Kampret buatan Indonesia.
Kebesaran nama Adisucipto membuat beberapa museum di Yogyakarta juga menampilkan koleksi-koleksi yang berkaitan dengan dirinya. Misalnya museum yang mengoleksi benda-benda sejarah perjuangan bangsa Indonesia seperti Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta. Museum ini menampilkan paling tidak dua diorama yang mengisahkan perjuangan Adisucipto dan teman-temannya. Ketiga diorama itu terletak di Ruang Pameran Tetap Diorama III dan ditampilkan dalam diorama nomer 26 dengan judul “Pembentukan TRI AU dan Pembangunan Kembali Pesawat Udara” dan diorama nomer 29 dengan judul “Tertembaknya Pesawat Dakota VT-CLA”. Beberapa koleksi foto juga terpampang di museum ini. Sementara Museum Perjuangan yang terletak di Jalan Kolonel Sugiyono 24 Yogyakarta ini menampilkan koleksi berupa replika patung Adisucipto.
Adisucipto bersama teman-temannya seangkatan bisa dikatakan sebagai perintis penerbang asli pribumi bangsa Indonesia. Banyak jasanya ketika ia dan kawan-kawannya bergabung dalam masa-masa mempertahankan kemerdekaan RI. Atas semua jasanya yang telah diberikan kepada tanah air itulah, sudah selayaknya Agustinus Adisucipto mendapat gelar Pahlawan Nasional dari pemerintah Republik Indonesia dengan pangkat terakhir Marsekal Muda TNI Anumerta. Selain itu, Pangkalan Udara yang terletak di Maguwo Yogyakarta ini diubah menjadi Bandara Udara Internasional Adisucipto. Pengabadian nama Adisucipto juga untuk penamaan nama jalan protokol yang ada di Yogyakarta.

Rumah Budaya Tembi


Peringkat : Bintang 3
Peringkat : 3
Alamat : Jl. Parangtritis Km 8.4 Tembi, Timbulharjo, Sewon, Bantul 55188, Yogyakarta Telepon : (0274) 368001, 368004 www.tembi.net
Range Harga per Malam : Rp. 425.000 s/d Rp. 999.000
Keterangan
Tembi adalah nama sebuah desa di Selatan Yogyakarta. Nama dsa ini kemudian diadaptasikan menjadi sebuah lembaga kebudayaan Rumah Budaya Tembi (Rumah Budaya TEMBI) menempati lahan seluas 3000 m2, memiliki fasilitas-fasilitas antara lain:
Pendopo, Ruang Galeri, Perpustakaan dan Ruang Baca Perpustakaan, Rumah Dokumentasi Budaya.
Sebuah penginapan dengan suasana desa yang alami yang jauh dari kebisingan kota, berupa rumah-rumah dari kayu dikelilingi dengan kolam ikan dan areal persawahan. Serasa pulang kampung ke rumah eyang di desa. Tarif sudah termasuk makan pagi, siang dan malam plus cemilan sore. Fasilitas : kolam renang, laundry, antar gratis ke Malioboro, museum, free Wi-Fi.

Diberdayakan oleh Blogger.